Kegiatan PERSAMI dalam Pramuka lebih Efektif Menumbuhkan Pikiran dan Karakter pada Lingkungan
KEGIATAN PERSAMI DALAM PRAMUKA
LEBIH EFEKTIF MENUMBUHKAN PIKIRAN DAN KARAKTER PADA LINGKUNGAN
Pada era globalisasi ini, kita dapat
melihat betapa menurunnya tingkah laku atau perilaku masyarakat mulai dari
anak-anak, remaja bahkan dewasa. Hal ini tidak bisa kita pungkiri lagi karena
banyak faktor yang sangat mempengaruhi menurunnya tingkah laku atau perilaku
tersebut seperti dari faktor lingkungan. Faktor lingkungan masyarakat sangat
mempengaruhi perubahan tingkah laku anak-anak selain itu faktor yang
mempengaruhi tingkah laku atau perilakunya dalam segi faktor lingkungan
keluarga yang sebagian penting dalam membentuk karakteristik anak.
Salah satu bentuk lingkungan anak-anak
dengan pergaulannya yang saat ini bisa kita lihat dan rasakan dengan cara
bermain dilingkungannya berbeda saat jaman dahulu dan sekarang permainan yang
anak-anak biasa lakukan sehari-hari. Saat jaman dahulu biasanya memainkan alat
tradisional dengan salah satu contohnya main karet, benteng, bakiak. Hal ini sangat
melatih untuk kegunaan kebersamaan dan juga melatih ketangkasan diri dalam
permainan, lalu permainan jaman sekarang berbeda dengan yang lalu. Sekarang
lebih memainkan dengan cara penggunaan elektronik, seperti main game yang
menghabiskan waktu banyak dan sia-sia sampai lupa mandi, makan dll.
Selain itu juga ada faktor dalam
lingkungan keluarga dengan cara perhatian dan perlakuannya terhadap anak-anak.
Selalu sering terdengar hal yang tidak mengenakan dengan sikap orang tua
terlalu keras mendidik terhadap anaknya sehingga bisa berakibat fatal, contoh
anak yang belum bisa menerima didikan orang tua seperti saat orang tua menekankan
anaknya supaya mendapatkan nilai ulangan yang sesuai dengan harapan orang tua
nya sedangkan anak tersebut belum bisa mencapai batas kemampuan yang orang tua
harapkan. Lalu dengan permasalahan itu ada juga permasalahan orang tua dengan
sikap perhatiannya disaat kedua bapak dan ibunya sibuk bekerja dengan tidak
menyempatkan waktu untuk anaknya yang sangat membutuhkan perhatian dan juga
kasih sayang kedua orang tuanya. Oleh sebab itu anaknya sangat tertekan dengan
kondisi keluarga terutama terhadap kedua orang tuanya yang sibuk bekerja dan
hanya saat waktu ngasih uang jajan disaat mereka bisa berbicara selain itu
jarang untuk mereka berbicara ataupun canda tawa bersama. Terlalu sering
anaknya pun bersedih disela-sela waktu karena dia sangat iri dengan perhatian
orang tua temannya yang amat sayang sama dia berbeda dengan orang tua dia yang
sibuk mencari uang tapi lupa memberikan haknya terhadap anaknya yaitu kasih
sayang yang tiada tara tidak bisa digantikan apapun maupun itu uang sekalipun.
Jadi, sekolah salah satu cara untuk menyeimbangkan salah satu karakteristik
dan pola pikir anak dengan bisa membedakan segala aspek pergaulan dilingkungan
sekitar. Lalu orang tua mengharapkan sekolah bisa jadi rumah kedua untuk
anaknya dalam pendidikan. Sekolah mengusahakan apa kata orang tua harapkan
dengan melakukan sebaik mungkin dengan cara beberapa kegiatan yang dilakukan
disekolah untuk mencetak karakteristik yang sopan dan jujur dalam bertindak dan
berperilaku yang lebih menghargai sesama umurnya dan juga yang lebih tua.
Sekolah menempatkan itu semua di kegiatan pramuka yaitu kegiatan yang dilakukan
setiap sore sehabis anak-anak selesai belajar. Setelah terlaksananya kegiatan
pramuka tersebut anak-anak bisa melakukan hal yang baik walaupun itu sedikit
namun mereka bisa mengubah apa yang mereka sering lakukan kesalahan namun
diubah menjadi baik. Setelah itu kegiatan pramuka tidak hanya sore hari dalam
melaksanakannya namun dimalam haripun melaksanakannya dengan kegiatan PERSAMI
(Perkemahan Sabtu Minggu) yang didalamnya lebih bermanfaat dan berguna untuk
anak-anak, dibandingkan setiap malam minggunya main diluar rumah , berkumpul di
tempat gelap ataupun pacaran yang belum waktunya. Lalu dengan adanya kegiatan
persami ini anak-anak lebih bisa mengerti mana hal yang baik ataupun salahnya
dalam melakukan karena kegiatan persami ini banyak mengajarkan dengan tata cara
banyak hal yaitu, kebersamaan.
NAMA
|
ISDAYANTI
|
NIM
|
2227160066
|
KELAS
|
3 B PGSD
|
TEMA
|
PRAMUKA
SEBAGAI AGEN PERUBAHAN GENERASI MUDA
|
Komentar
Posting Komentar