Membentuk Siswa Yang Berkarakter Melalui Kegiatan Pramuka
Karakter
merupakan sifat atau ciri khas yang dimilki oleh seseorang yang dapat
membedakan antara dirinya dengan orang lain. Pendidikan karakter adalah upaya
yang dilakukan dengan sengaja untuk mengembangkan karakter yang baik
berlandaskan kebijakan-kebijakan inti yang secara objektif baik bagi individu
maupun masyarakat atau pendidikan karakter merupakan bentuk pembiasaan ke arah
yang lebih baik lagi. Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini agar anak
tumbuh menjadi anak yang mempunyai karakter baik dan menjadi pondasi bagi
bangsa. Guru merupakan salah satu pembentuk sikap karakter anak di sekolah yang
berperan membantu watak peserta didik. Membentuk karakter anak tidak hanya di
pendidikan formal saja tetapi bisa di pendidikan informal dan non formal.
Tujuan dari diadakannya pendidikan karakter yaitu untuk membentuk bangsa yang tangguh,
bermoral, berkejasama, menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
Pendidikan
karakter bisa diterapkan dengan bentuk apapun salah satunya melalui kegiatan
pramuka. Pramuka ialah kegiatan yang dilakukan untuk membentuk karakter siswa.
Melalui pramuka siswa bisa memiliki karakter kerjasama, disiplin, kemandirian,
gotong royong, semangat, hormat, cinta tanah air dan lain-lain. Salah satu
kegiatan pramuka yang membentuk karakter siswa yaitu perkemahan, di perkemahan
siswa diterapkan karakter kemandirian seperti melakukan kegiatan memasak,
menyiapkan alat mandi, menyiapkan peralatan pribadi dan sebagainya. bukan hanya
karakter kemandirian saja yang ada dalam kegiatan perkemahan tetapi ada
karakter persahabatan, kerjasama, gotong royong, cinta tanah air dan toleransi.
Selain itu juga dalam kegiatan tali menali atau api unggun membentuk karakter
gotong-royong, kerjasama, toleransi, dan semangat. Di pramuka juga terdapat
materi tentang Dwisatya dan Dharma yang dimana siswa di tanamkan karakter untuk
selalu patuh terhadap orang tua, berani, tidak putus asa, disiplin, religius,
kasih sayang. Selain itu ditanamkan karakter untuk selalu patuh terhadap
kewajiban Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kelurga serta selalu
berbuat kebaikan. Dalam menerapkan sikap karakter kepada siswa guru merupakan
panutan siswa di sekolah sehingga ia harus memberikan contoh yang baik kepada
siswa. Menerapkan karakter kepada anak tidak mudah harus diterapkan dengan
tahapan-tahapan. Seorang guru dalam menerapkan sikap karakter kepada siswa
yaitu dengan pemahaman, siswa diberikan pemahaman tentang arti karakter dan
sikap-sikap karakter yang baik itu seperti apa. Selanjutnya guru memberikan
pembiasaan atau contoh melalui pembiasaan siswa akan terbiasa dengan
melakukan-melakukan perilaku yang baik sehingga akan menumbuhkan karakter yang
baik pula. Guru harus mempunyai tahapan-tahapan tersendiri dalam menerapkan
sikap karakter kepada siswa khususnya melalui kegiatan pramuka ini selain itu
juga guru harus mempunyai kiat-kiat dalam membuat siswa agar tidak bosan dengan
kegiatan pramuka dan selalu bersemangat.
Nama : Sabrina Qisti Zatalini
NIM : 2227160103
Kelas : 3B
Komentar
Posting Komentar