Menanamkan Sikap Gotong Royong / Kerja Sama Melalui Kegiatan Pramuka

Tema : Hubungan Pendidikan Karakter dengan Kepramukaan


Berbicara masalah pendidikan, pasti banyak sekali yang akan kita bahas dari ranah pendidikan tersebut. Dari mulai apa itu hakikat pendidikan, model pendidikan, system pendidikan, sampai bahkan ada yang disebut dengan karaktetr yang tercantum dari pendidikan. Dari pendidikan pula, banyak ahli yang memberikan pengertian atau teori pendidikan menurut mereka seperti salah satunya yang dikemukakan oleh Piaget yang merumuskan teori kognitif yang isinya bahwa belajar itu lebih mementingkan proses daripada hasil belajar tersebut. Jadi kesimpulan dari teori Piaget yaitu seseorang akan dikatakan telah berhasil dalam belajar yaitu ketika didalam prosesnya dia telah berusaha melakukan dan mencoba sebisanya walaupun hasilnya kurang memuaskan karena yang dilihat adalah proses bukan hasil. Dari teori Piaget tersebut saya sangat setuju sekali kebanyak orang itu lebih mementingkan hasilnya bukan proses yang mereka tempuh.
Selanjutnya saya akan membahas tentang apa itu pendidikan karakter. Pendidikan karakter menurut saya yaitu suatu gerakan yang dilakukan dari pihak pendidik yang lebih menekankan pada pembentukan karakter terhadap siswanya yang sesuai pada nilai utama pendidikan karakter yang diantaranya yaitu gotong royong. Di dalam dunia ini kita sebagai makhluk sosial pastinya tidak dapat hidup secara individual, kita pasti akan membutuhkan bantuan atau campur tangan dengan orang lain. Dari situlah timbul sikap gotong royong atau kerja sama dalam kehidpuan ini khususnya dikalangan pendidikan (sekolah).
Biasanya guru di sekolah akan selalu mengaitkan kegiatan di dalam maupun di luar kelas dengan kegiatan bekerja sama. Seperti halnya tugas kelompok yang dilakukan bersama agar siswa dapat lebih mengetahui dan saling bertukar pikiran dengan yang lainnya. Ada juga kegiatan gotong royong seperti halnya bersama-sama membersihkan kelas setelah sepulang sekolah agar kelas terlihat rapih dan nyaman untuk dipakai dalam kegiatan belajar.
Tetapi terkadang yang diajarkan hanya pada waktu tertentu membuat anak-anak menjadi jarang melakukannya dan lama-kelamaan menjadi individual kembali. Dari sini lah kegiatan Pramuka sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak khususnya dalam ber gotong royong dalam hal kebaikan. Di dalam kegiatan pramuka, anak akan diajarkan untuk selalu bekerja sama dan bergotong royong dalam berbagai hal, karena pramuka juga menjunjung prinsip kekeluargaan. Dari kegiatan pramuka anak akan lebih banyak diberikan tugas yang sifatnya bekerjasama atau bergotong royong. Seperti kegiatan membuat tandu, anak akan diperintahkan untuk saling bekerjasama, saling membantu, dan kompak agar tugas yang diberikan dapat diselesaikaan. Dari kegiatan gotong royong tersebut pula, anak akan lebih mengerti dengan hal-hal yang dirinya sendiri belum pahami. Dengan kata lain anak dapat saling bertukar pikiran. Dengan kegiatan gotong royong  atau kerjasa sama pula anak akan merasa kalau apa yang dikerjakannya terasa lebih mudah dan cepat jika dikerjakan bersama-sama tetapi harus tetap dalam konteks kebaikan.
Jika anak sudah mulai ditanamkan dan dibiasakan untuk bersikap gotong royong pada setiap pertemuan pramuka tersebut, maka anak akan terbiasa untuk melakukannya tidak hanya pada saat di kegiatan pramuka tersebut saja, tetapi juga disetiap kesempatan dan anakpun akan selalu terdorong untuk mengajak teman-temannya untuk membantu orang lain yang sedang dalam kesusahan denga cara bergotong royong, seperti halnya anak-anak yang sudah ditanamkan sikap gotong royong dalam kegiatan pramuka, mereka akan memiliki sikap ingin membantu saudara-saudara yang ada di Palestina dengan cara memberikan sumbangan semampu mereka dengan cara bergotong royong dan bekerjasama mengajak yang lain agar ikut berbuat kebaikan. Karena apa yang dilakukan dengan bersama akan terasa lebih indah.

Jadi dengan adanya kegiatan pramuka ini sangat berhubungan dan saling berkaitan dengan pendidikan karakter anak yang khusunya dalam menanamkan sikap gotong royong atau bekerja sama.

Nama : Tri Indah Sari
NIM : 2227160004
Kelas : 3 A


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menumbuhkan Sikap Disiplin Melalui Pendidikan Kepramukaan

Membentuk Sikap Kejujuran Melalui Kegiatan Pramuka

Menerapkan sikap solidaritas dalam kegiatan pramuka