Menanamkan Sikap Gotong Royong / Kerja Sama Melalui Kegiatan Pramuka
Tema : Hubungan Pendidikan Karakter dengan Kepramukaan
Berbicara
masalah pendidikan, pasti banyak sekali yang akan kita bahas dari ranah
pendidikan tersebut. Dari mulai apa itu hakikat pendidikan, model pendidikan,
system pendidikan, sampai bahkan ada yang disebut dengan karaktetr yang
tercantum dari pendidikan. Dari pendidikan pula, banyak ahli yang memberikan
pengertian atau teori pendidikan menurut mereka seperti salah satunya yang
dikemukakan oleh Piaget yang merumuskan teori kognitif yang isinya bahwa
belajar itu lebih mementingkan proses daripada hasil belajar tersebut. Jadi
kesimpulan dari teori Piaget yaitu seseorang akan dikatakan telah berhasil
dalam belajar yaitu ketika didalam prosesnya dia telah berusaha melakukan dan
mencoba sebisanya walaupun hasilnya kurang memuaskan karena yang dilihat adalah
proses bukan hasil. Dari teori Piaget tersebut saya sangat setuju sekali
kebanyak orang itu lebih mementingkan hasilnya bukan proses yang mereka tempuh.
Selanjutnya
saya akan membahas tentang apa itu pendidikan karakter. Pendidikan karakter
menurut saya yaitu suatu gerakan yang dilakukan dari pihak pendidik yang lebih
menekankan pada pembentukan karakter terhadap siswanya yang sesuai pada nilai
utama pendidikan karakter yang diantaranya yaitu gotong royong. Di dalam dunia
ini kita sebagai makhluk sosial pastinya tidak dapat hidup secara individual,
kita pasti akan membutuhkan bantuan atau campur tangan dengan orang lain. Dari
situlah timbul sikap gotong royong atau kerja sama dalam kehidpuan ini
khususnya dikalangan pendidikan (sekolah).
Biasanya
guru di sekolah akan selalu mengaitkan kegiatan di dalam maupun di luar kelas
dengan kegiatan bekerja sama. Seperti halnya tugas kelompok yang dilakukan bersama
agar siswa dapat lebih mengetahui dan saling bertukar pikiran dengan yang
lainnya. Ada juga kegiatan gotong royong seperti halnya bersama-sama
membersihkan kelas setelah sepulang sekolah agar kelas terlihat rapih dan
nyaman untuk dipakai dalam kegiatan belajar.
Tetapi
terkadang yang diajarkan hanya pada waktu tertentu membuat anak-anak menjadi
jarang melakukannya dan lama-kelamaan menjadi individual kembali. Dari sini lah
kegiatan Pramuka sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak
khususnya dalam ber gotong royong dalam hal kebaikan. Di dalam kegiatan
pramuka, anak akan diajarkan untuk selalu bekerja sama dan bergotong royong
dalam berbagai hal, karena pramuka juga menjunjung prinsip kekeluargaan. Dari
kegiatan pramuka anak akan lebih banyak diberikan tugas yang sifatnya
bekerjasama atau bergotong royong. Seperti kegiatan membuat tandu, anak akan
diperintahkan untuk saling bekerjasama, saling membantu, dan kompak agar tugas
yang diberikan dapat diselesaikaan. Dari kegiatan gotong royong tersebut pula,
anak akan lebih mengerti dengan hal-hal yang dirinya sendiri belum pahami. Dengan
kata lain anak dapat saling bertukar pikiran. Dengan kegiatan gotong
royong atau kerjasa sama pula anak akan
merasa kalau apa yang dikerjakannya terasa lebih mudah dan cepat jika
dikerjakan bersama-sama tetapi harus tetap dalam konteks kebaikan.
Jika
anak sudah mulai ditanamkan dan dibiasakan untuk bersikap gotong royong pada
setiap pertemuan pramuka tersebut, maka anak akan terbiasa untuk melakukannya
tidak hanya pada saat di kegiatan pramuka tersebut saja, tetapi juga disetiap
kesempatan dan anakpun akan selalu terdorong untuk mengajak teman-temannya
untuk membantu orang lain yang sedang dalam kesusahan denga cara bergotong
royong, seperti halnya anak-anak yang sudah ditanamkan sikap gotong royong
dalam kegiatan pramuka, mereka akan memiliki sikap ingin membantu saudara-saudara
yang ada di Palestina dengan cara memberikan sumbangan semampu mereka dengan
cara bergotong royong dan bekerjasama mengajak yang lain agar ikut berbuat
kebaikan. Karena apa yang dilakukan dengan bersama akan terasa lebih indah.
Jadi
dengan adanya kegiatan pramuka ini sangat berhubungan dan saling berkaitan
dengan pendidikan karakter anak yang khusunya dalam menanamkan sikap gotong
royong atau bekerja sama.
Nama : Tri Indah Sari
NIM : 2227160004
Kelas : 3 A
Komentar
Posting Komentar