Meningkatkan Sikap Anak Didik Yang Rajin, Terampil dan Gembira Melalui Kepramukaan

Kepramukaan merupakan kegiatan yang mendidik yang dilakukan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan lingkungan pendidikan keluarga. Kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan yang menyenangkan, menarik, menghibur dan mendidik. Biasanya kegiatan kepramukaan ini dilakukan di tempat terbuka sehingga kegiatan yang dilakukan akan terasa lebih menyenangkan. Kegiatan kepramukaan ini memiliki tujuan untuk menanamkan dan meningkatkan karakter kaum muda. Beberapa karakter yang ingin ditanamkan pada kaum muda tersebut adalah sikap anak didik yang Rajin, Terampil, Gembira.

Melalui kegiatan kepramukaan ini anak didik akan ditanamkan sikap-sikap yang baik, salah satunya yaitu menjadi anak yang rajin. Dalam kegiatan kepramukaan yang dilakukan di jenjang pendidikan khususnya di sekolah dasar, kepramukaan menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan, khususnya untuk kelas tiga, empat dan lima. Kegiatan kepramukaan ini biasanya dilakukan rutin dan terjadwal setiap seminggu sekali. Ada yang melaksanakannya pada hari Jumat dan ada yang melaksanakannya di hari Sabtu, disesuaikan dengan jadwal sekolah. Dari kewajiban yang diperintahkan untuk melakukan kegiatan kepramukaan tersebut sebenarnya telah terlihat untuk menanamkan sikap yang Rajin pada anak didik. Yang artinya anak didik harus Rajin dalam mengikuti kegiatan kepramukaan disekolahnya. Selain itu, sikap Rajin bisa ditanamkan melalui pembiasaan menuliskan jadwal kegiatan sehari-hari. Agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dan terjadwal. Hal tersebut juga merupakan cerminan dari anak didik yang memiliki karakter atau sikap yang Rajin.

Selain karakter Rajin yang ditanamkan, kegiatan kepramukaan juga menanamkan karakter anak yang Terampil. Dalam kegiatan kepramukaan, biasanya melakukan kegiatan penampilan berupa hasil karya, seperti penampilan yel-yel ataupun berupa kerajinan tangan. Karya yang ditunjukan tersebut pastinya merupakan hasil karya mereka sendiri. Seperti nyanyian yel-yel, mereka membuat liriknya, gerakannya, jargon dan lain sebagainya dengan semenarik mungkin. Hal tersebut merupakan pembiasaan anak didik untuk mampu membuat suatu karya hasil mereka sendiri. Dalam hal ini juga diharapkan agar anak didik mampu mengembangkan karyanya diluar kegiatan kepramukaan, yaitu dalam kehidupan sehari-harinya.

Karakter yang ditanamkan pada kegiatan kepramukaan yang lain yaitu karakter Gembira. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan yang menyenangkan, menghibur namun tetap mendidik. Siapapun pasti merasakannya apabila mengikuti kegiatan ini. contoh kegiatannya seperti bermain game, bernyanyi, namun tetap edukatif. Kegiatan ini juga dilakukan di tempat terbuka seperti lapangan, tempat out bond dan lain sebagainya. Sehingga kegiatan ini akan lebih terasa menyenangkan. Secara tidak langsung kegiatan kepramukaan ini menanamkan karakter anak didik yang Gembira.

Untuk itu, kegiatan kepramukaan ini sangat baik untuk dilakukan oleh kaum muda. Karena bersifat menyenangkan dan edukatif. Dan kegiatan kepramukaan ini memiliki tujuan yang sangat baik untuk menanamkan karakter-karakter anak bangsa yang pastinya akan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan kehidupannya di masa yang akan datang.


Rahil Nurmeilana (2227160072) 3B

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menumbuhkan Sikap Disiplin Melalui Pendidikan Kepramukaan

Membentuk Sikap Kejujuran Melalui Kegiatan Pramuka

Menerapkan sikap solidaritas dalam kegiatan pramuka