Meningkatkan Sikap Anak Didik Yang Rajin, Terampil dan Gembira Melalui Kepramukaan
Kepramukaan
merupakan kegiatan yang mendidik yang dilakukan di luar lingkungan
pendidikan sekolah dan lingkungan pendidikan keluarga. Kegiatan
kepramukaan merupakan kegiatan yang menyenangkan, menarik, menghibur
dan mendidik. Biasanya kegiatan kepramukaan ini dilakukan di tempat
terbuka sehingga kegiatan yang dilakukan akan terasa lebih
menyenangkan. Kegiatan kepramukaan ini memiliki tujuan untuk
menanamkan dan meningkatkan karakter kaum muda. Beberapa karakter
yang ingin ditanamkan pada kaum muda tersebut adalah sikap anak didik
yang Rajin, Terampil, Gembira.
Melalui
kegiatan kepramukaan ini anak didik akan ditanamkan sikap-sikap yang
baik, salah satunya yaitu menjadi anak yang rajin. Dalam kegiatan
kepramukaan yang dilakukan di jenjang pendidikan khususnya di sekolah
dasar, kepramukaan menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang
diwajibkan, khususnya untuk kelas tiga, empat dan lima. Kegiatan
kepramukaan ini biasanya dilakukan rutin dan terjadwal setiap
seminggu sekali. Ada yang melaksanakannya pada hari Jumat dan ada
yang melaksanakannya di hari Sabtu, disesuaikan dengan jadwal
sekolah. Dari kewajiban yang diperintahkan untuk melakukan kegiatan
kepramukaan tersebut sebenarnya telah terlihat untuk menanamkan sikap
yang Rajin pada anak didik. Yang artinya anak didik harus Rajin dalam
mengikuti kegiatan kepramukaan disekolahnya. Selain itu, sikap Rajin
bisa ditanamkan melalui pembiasaan menuliskan jadwal kegiatan
sehari-hari. Agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan
efektif dan terjadwal. Hal tersebut juga merupakan cerminan dari anak
didik yang memiliki karakter atau sikap yang Rajin.
Selain
karakter Rajin yang ditanamkan, kegiatan kepramukaan juga menanamkan
karakter anak yang Terampil. Dalam kegiatan kepramukaan, biasanya
melakukan kegiatan penampilan berupa hasil karya, seperti penampilan
yel-yel ataupun berupa kerajinan tangan. Karya yang ditunjukan
tersebut pastinya merupakan hasil karya mereka sendiri. Seperti
nyanyian yel-yel, mereka membuat liriknya, gerakannya, jargon dan
lain sebagainya dengan semenarik mungkin. Hal tersebut merupakan
pembiasaan anak didik untuk mampu membuat suatu karya hasil mereka
sendiri. Dalam hal ini juga diharapkan agar anak didik mampu
mengembangkan karyanya diluar kegiatan kepramukaan, yaitu dalam
kehidupan sehari-harinya.
Karakter
yang ditanamkan pada kegiatan kepramukaan yang lain yaitu karakter
Gembira. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kegiatan
kepramukaan merupakan kegiatan yang menyenangkan, menghibur namun
tetap mendidik. Siapapun pasti merasakannya apabila mengikuti
kegiatan ini. contoh kegiatannya seperti bermain game, bernyanyi,
namun tetap edukatif. Kegiatan ini juga dilakukan di tempat terbuka
seperti lapangan, tempat out bond dan lain sebagainya. Sehingga
kegiatan ini akan lebih terasa menyenangkan. Secara tidak langsung
kegiatan kepramukaan ini menanamkan karakter anak didik yang Gembira.
Untuk
itu, kegiatan kepramukaan ini sangat baik untuk dilakukan oleh kaum
muda. Karena bersifat menyenangkan dan edukatif. Dan kegiatan
kepramukaan ini memiliki tujuan yang sangat baik untuk menanamkan
karakter-karakter anak bangsa yang pastinya akan bermanfaat untuk
kehidupan sehari-hari dan kehidupannya di masa yang akan datang.
Rahil Nurmeilana (2227160072) 3B
Rahil Nurmeilana (2227160072) 3B
Komentar
Posting Komentar