Peran Pramuka dalam Mewujudkan Pendidikan Berkarakter Cerdas
Seiring dengan
berubahnya kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia, berubah pula sistem dan
fokus yang diutamakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Seperti pada Kurikulum
2013, fokus tujuan dari pendidikan adalah melahirkan siswa yang bukan hanya
pintar di bidang akademik saja, namun juga menjadi manusia yang memiliki
karakter. Hal ini diwujudkan dalam pendidikan karakter yang diintegrasikan ke
tiap-tiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, terutama pada mata
pelajaran keagamaan dan pendidikan kewarganegaraan. Selain memberikan
pendidikan karakter lewat intrakurikuler, pemerintah juga mewujudkan pendidikan
karakter pada kegiatan ekstrakurikuler yaitu lewat kegiatan kepramukaan.
Kegiatan pramuka
yang dulunya sudah dianggap kuno dan banyak ditinggali oleh para pelajar,
kembali digalakkan pemerintah dengan mewajibkan kegiatan ekstrakurikuler ini di
tingkat SD, SMP dan SMA. Diharapkan dengan aturan ini, kegiatan kepramukaan
tidak ditinggalkan begitu saja dan hilang eksistensinya dalam kegiatan sekolah.
Sungguh disayangkan apabila kegiatan pramuka tidak diteruskan oleh generasi
muda sekarang ini, karena kegiatan pramuka ikut ambil bagian dalam berperan membentuk karakter para
pelajar. Salah satu peran pramuka yaitu membentuk karakter cerdas, bukan hanya
kecerdasan intelektual saja, namun juga kecerdasan sosial, emosional, spiritual
dan moral.
Dengan adanya
pramuka, para pelajar dibiasakan untuk menjadi manusia yang berkarakter cerdas
lewat beragam kegiatan-kegiatan dalam kepramukaan itu sendiri. Seperti misalnya
di dalam pramuka rutin mengadakan perkemahan untuk mengevaluasi latihan para
anggota pramuka yang didalam acara tersebut biasa diadakan berbagai macam
perlombaan yang membuat para pelajar berani dalam berkompetisi dan melatih
kemampuan pengetahuannya, mengikuti kegiatan pramuka juga memperluas wawasan
dan keterampilan diri serta membangun rasa kepercayaan baik pada diri sendiri maupun
pada orang lain. Rasa percaya dibangun lewat kegiatan pramuka yang merangkul
semua kalangan dan kerjasama melalui kegiatan regu, misalnya pada kegiatan
jelajah alam setiap anggota akan bekerjasama dan percaya pada rekan seregunya
sehingga dapat sampai pada tujuan. Selain itu didalam kegiatan kepramukaan
sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial yang dapat menumbuhkan rasa empati
dan peduli pada sesama.
Banyaknya
manfaat yang dapat dirasakan dari kegiatan pramuka ini, diharapkan para siswa
dan siswi Indonesia mengikuti kegiatan pramuka bukan hanya karena aturan yang
diwajibkan pemerintah semata. Banyak pelajaran yang didapatkan dari kegiatan
pramuka ini serta pelaksanaannya yang menyenangkan dan tidak membosankan
seharusnya dapat menarik banyak minat para pelajar yang ada di Indonesia.
Nama: Maesya Nur Zuina
NIM: 2227160034
Kelas: III B/PGSD
Komentar
Posting Komentar