Wujud Nyata Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Guna Membangun Bangsa
Tema : Urgensi Pendidikan Karakter
Dalam Pembangunan Bangsa
Judul Essay : “Wujud Nyata Penerapan Pendidikan
Karakter Siswa Guna Membangun Bangsa”
Berbicara
tentang pendidikan katrakter, rupanya banyak sekali karakter siswa yang harus
diperbaiki dan diberikan bimbingan guna mewujudkan pembangunan bangsa yang
semakin baik, melalui bangkit nya moral dan karakter siswa. Mengapa demikian ?
sebab terlalu banyaknya pendidikan yang diberikan rupanya belum tentu dapat
diterapkan dengan baik oleh siswa sebagai wujud nyata selesainnya pendidikan
yang telah diberikan atau ditempuh. Oleh sebab itu pentingnya pendidikan yang
diberikan haruslah dapat merubah siswa menjadi manusia yang memiliki karakter
atau manusia yang berkarakter baik.
Terbentuknya
suatu karakter siswa yang nantinya akan menjadi jati diri siswa tersebut
dimulai oleh lingkungan keluarga, karena lingkungan keluarga adalah lingkungan
yang paling dekat dengan anak selain itu lingkungan pertemanan atau lingkungan
sekitar juga dapat mempengaruhi terbentuknya karakter siswa, bahkan lingkungan
sekolah pun dapat mempengaruhi karakter siswa. Jadi, terbentuknya suatu
karakter siswa dipengaruhi oleh dimana ia berada, jika siswa berada dalam
lingkungan yang baik maka karakternya akan baik dan sebaliknya jika siswa
berada dalam lingkungan yang tidak baik maka karakternya tidak baik.
Lalu
apa saja wujud nyata dari pendidikan karakter siswa? Dan bagaimana
perkembangannya hingga saat ini? Jika dilihat dari pemberian pendidikan
karakter siswa di beberapa sekolah yang pernah saya kunjungi, pihak sekolah
terutama para guru telah berusaha
semaksimal mungkin untuk membiasakan siswa memiliki sikap disiplin, tanggung
jawab, peduli terhadap llingkungan, rukun terhadap sesama, toleransi, dan
saling menghargai. Di tambah dukungan dari pemerintah dengan menerapkannya
kurikulum 2013 yang menuntut siswa memiliki kemampuan berfikir kritis, kreatif,
analisis dan aktif. Tentunya dengan bantuan dari berbagai pihak seperti
orangtua, pemerintah, sekolah, dan tenaga pendidik, agar siswa mendapatkan pendidikan
karakter yang efektif sebagai wujud nyata penerapan pendidikan karakter siswa.
Untuk
dapat mewujudkan pendidikan karakter siswa agar dapat membangun bangsa,
tentunya memerlukan usaha yang ekstra, sebab tidak semua pendidikan karakter
berjalan mulus untuk dapat diterapkan di seluruh pelosok Indonesia. Dikarenakan
masih terhalangnya fasilitas, akses, dan sumber daya manusia yang profesional
dibidangnya, untuk fasilitas dan akses memang diakui masih kurang memadai,
namun bagiamana dengan kurangnya sumber daya manusia yang professional atau
tidak memiliki karakter yang baik ? Apakah akan dapat menjadi panutan dalam
membangun karakter siswa? Tentunya tidak, sebab bagaiman karakter yang baik
akan terbentuk jika panutannya saja tidak memiliki karakter yang baik.
Oleh
sebab itu perlunya guru yang professional, peran pemerintah serta orangtua dan
masyarakat sekitar dalam mewujudkan karakter siswa guna membangun bangsa sangat
amat penting. Sebab pendidikan karakter juga dapat menjadi benteng siswa dalam
mengatasi hal negative dari dampak perkembangan pendidikan yang semakin maju, Kesatuan
tujuan dari pihak-pihak yang terlibat akan dapat memudahkan dalam penerapan
pendidikan karakter siswa untuk dapat mewujudkan karakter anak bangsa yang
disiplin, toleransi, tanggung jawab, saling menghargai, peduli lingkungn serta
peduli terhadap sesama guna membangun bangsa yang kokoh dan maju.
Nama : Nurul Khotima
NIM : 2227160024
Kelas : 3 B
Komentar
Posting Komentar