Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Melalui Ekstrakulikuler Pramuka Demi Membentuk Generasi Penerus Bangsa
Menumbuhkan
Sikap Cinta Tanah Air Melalui Ekstrakulikuler
Pramuka
Demi Membentuk Generasi Penerus Bangsa
Berbicara
mengenai sikap cinta tanah air yang harus melekat pada jiwa-jiwa warga negara
Indonesia, sejatinya hal yang tidak asing lagi untuk di dengar dan dirasakan.
Terbukti dengan semangat juang yang tinggi, para pahlawan rela berkorban
bercucuran darah di medan perang hanya untuk negara tercintanya. Mereka
memperjuangkan kemerdekaan dengan totalitas yang mengedepankan kepentingan
negara atau orang banyak untuk
senantiasa merdeka dan bebas dari penjajahan. Dari berbagai penjuru dunia yang
datang untuk menjajah negeri ini, hanya ada satu kata untuk pahlawan kita yakni
adanya rasa “Nasionalisme” . Nasionalisme ialah cinta tanah air dengan
mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan diri sendiri. Rasa cinta
tanah air bisa tumbuh sendiri dan tidak tumbuh sendiri. Perkembangan zaman
telah mengubah semuanya, mungkin dapat dikatakan bahwa sikap cinta tanah air
ini sudah mulai meluntur dengan sendirinya. Mengapa demikian? Karena kehidupan
di zaman yang modern ini setiap orang mulai berevolusi dengan sendirinya. Teknologi
yang canggih, kebiasaan masyarakat yang bergaya hidup konsumtif dan mengikuti
mode bangsa asing dan juga lebih banyak memakai produk asing dibandingkan
produk lokal. Tetapi, ada suatu perwujudan sebagai agen menumbuhkan sikap cinta
tanah air ialah Pramuka.
Kepramukaan
ada dalam lingkup pendidikan, dimana lingkup pendidikan tersebut bertujuan
untuk mewujudkan suatu tekad masyarakat Indonesia agar sikap dan tindakannya
teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut meniadakan setiap ancaman baik dari
luar maupun dari dalam negeri yang sekiranya membahayakan NKRI. Wujud cinta
tanah air dalam pramuka dapat ditumbuhkan melalui kegiatan Ekstrakulikuler yang
di muat sedemikian rupa untuk mencapai karakter cinta tanah air dalam diri
siswa di sekolah. Diharapkan, untuk anggota pramuka dapat mengenal dan memahami
wilayah nusantara dengan baik terlebih dahulu, memelihara, melestarikan dan
mencintai lingkungan serta senantiasa menjaga nama baik negara Indonesia di
mata dunia. Dalam menumbuhkan rasa cinta
tanah air, segala aktivitas siswa dalam kegiatan pramuka ialah dengan mengikuti
apel atau upacara yang diadakan sebelum kegiatan pramuka di mulai, absensi
kehadiran siswa di sekolah pada kegiatan pramuka, mendengarkan dan memahami apa
yang pembina sampaikan pada saat kegiatan pramuka berlangsung.
Selain
itu, mempraktikan materi yang dijelaskan oleh pembina dan mengikuti
permainan-permainan edukatif yang di bimbing oleh pembina pramuka, selanjutnya
ditutup dengan upacara penutupan. Selain itu,
Penerapan cinta tanah air dalam ekstrakulikuler pramuka berpedoman pada SKK (syarat kecakapan khusus), yang mana
SKK ini yakni syarat kecakapan pada bidang tertentu berdasarkan pilihan sendiri
dalam mengembangkan minat dan bakat siswa. SKK yang digunakan seperti SKK
bernyanyi, SKK penjelajah/mencari jejak, SKK Berkemah dan SKK penghijauan. SKK
bernyanyi di sini, pada saat upacara ataupun praktik ialah dengan menyanyikan
lagu kebangsaan Indonesia yang secara langsung akan ada manifestasi batin
tersendiri untuk sekiranya tersadar bahwa dengan menghayati dan melafalkan lagu
kebangsaan adalah wujud dari cinta tanah air juga. SKK penjelajah dan berkemah
merupakan bagian yang dapat dikatakan sesungguhnya kita dapat mengenal wilayah
nusantara dengan baik, berjelajah dengan tahu seluk beluk wilayah kebangsaan
dan mengenal perbedaan budaya di setiap daerah memungkinkan kita untuk timbul
rasa kagum dan bangga akan negara sendiri.
Peranan
pembina pramuka di sekolah menghantarkan pendidikan karakter yang sejak dulu
sebenarnya sudah ada. Hanya saja perlunya dikembangkan lebih edukatif dan
menarik agar siswa mau mengikuti kegiatan pramuka dengan fun yang sebenarnya asyik namun di dalamnya ada nilai-nilai yang
bermakna, tak terkecuali yang sangat di pentingkan dan diutamakan adalah sikap
cinta tanah air, dampak yang dapat diterima individu atau siswa jika mereka
ataupun kita sudah cinta dengan negaranya sendiri ialah akan terus berpemikiran
maju, ingin berkembang, ingin menjaga keutuhan dan tidak membeda-bedakan SARA.
Hal tersebut membuat tali silaturahmi menjadi kunci persatuan.
NAMA : GHEA AGATRI MAWARNI
NIM : 2227160080
KELAS : 3C/PGSD
NAMA : GHEA AGATRI MAWARNI
NIM : 2227160080
KELAS : 3C/PGSD

Terima kasih
BalasHapus