Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Melalui Ekstrakulikuler Pramuka Demi Membentuk Generasi Penerus Bangsa

Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Melalui Ekstrakulikuler

Pramuka Demi Membentuk Generasi Penerus Bangsa
Berbicara mengenai sikap cinta tanah air yang harus melekat pada jiwa-jiwa warga negara Indonesia, sejatinya hal yang tidak asing lagi untuk di dengar dan dirasakan. Terbukti dengan semangat juang yang tinggi, para pahlawan rela berkorban bercucuran darah di medan perang hanya untuk negara tercintanya. Mereka memperjuangkan kemerdekaan dengan totalitas yang mengedepankan kepentingan negara  atau orang banyak untuk senantiasa merdeka dan bebas dari penjajahan. Dari berbagai penjuru dunia yang datang untuk menjajah negeri ini, hanya ada satu kata untuk pahlawan kita yakni adanya rasa “Nasionalisme” . Nasionalisme ialah cinta tanah air dengan mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan diri sendiri. Rasa cinta tanah air bisa tumbuh sendiri dan tidak tumbuh sendiri. Perkembangan zaman telah mengubah semuanya, mungkin dapat dikatakan bahwa sikap cinta tanah air ini sudah mulai meluntur dengan sendirinya. Mengapa demikian? Karena kehidupan di zaman yang modern ini setiap orang mulai berevolusi dengan sendirinya. Teknologi yang canggih, kebiasaan masyarakat yang bergaya hidup konsumtif dan mengikuti mode bangsa asing dan juga lebih banyak memakai produk asing dibandingkan produk lokal. Tetapi, ada suatu perwujudan sebagai agen menumbuhkan sikap cinta tanah air ialah Pramuka.
Kepramukaan ada dalam lingkup pendidikan, dimana lingkup pendidikan tersebut bertujuan untuk mewujudkan suatu tekad masyarakat Indonesia agar sikap dan tindakannya teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut meniadakan setiap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri yang sekiranya membahayakan NKRI. Wujud cinta tanah air dalam pramuka dapat ditumbuhkan melalui kegiatan Ekstrakulikuler yang di muat sedemikian rupa untuk mencapai karakter cinta tanah air dalam diri siswa di sekolah. Diharapkan, untuk anggota pramuka dapat mengenal dan memahami wilayah nusantara dengan baik terlebih dahulu, memelihara, melestarikan dan mencintai lingkungan serta senantiasa menjaga nama baik negara Indonesia di mata dunia.  Dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, segala aktivitas siswa dalam kegiatan pramuka ialah dengan mengikuti apel atau upacara yang diadakan sebelum kegiatan pramuka di mulai, absensi kehadiran siswa di sekolah pada kegiatan pramuka, mendengarkan dan memahami apa yang pembina sampaikan pada saat kegiatan pramuka berlangsung.
Selain itu, mempraktikan materi yang dijelaskan oleh pembina dan mengikuti permainan-permainan edukatif yang di bimbing oleh pembina pramuka, selanjutnya ditutup dengan upacara penutupan. Selain itu,  Penerapan cinta tanah air dalam ekstrakulikuler pramuka berpedoman  pada SKK (syarat kecakapan khusus), yang mana SKK ini yakni syarat kecakapan pada bidang tertentu berdasarkan pilihan sendiri dalam mengembangkan minat dan bakat siswa. SKK yang digunakan seperti SKK bernyanyi, SKK penjelajah/mencari jejak, SKK Berkemah dan SKK penghijauan. SKK bernyanyi di sini, pada saat upacara ataupun praktik ialah dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yang secara langsung akan ada manifestasi batin tersendiri untuk sekiranya tersadar bahwa dengan menghayati dan melafalkan lagu kebangsaan adalah wujud dari cinta tanah air juga. SKK penjelajah dan berkemah merupakan bagian yang dapat dikatakan sesungguhnya kita dapat mengenal wilayah nusantara dengan baik, berjelajah dengan tahu seluk beluk wilayah kebangsaan dan mengenal perbedaan budaya di setiap daerah memungkinkan kita untuk timbul rasa kagum dan bangga akan negara sendiri.
Peranan pembina pramuka di sekolah menghantarkan pendidikan karakter yang sejak dulu sebenarnya sudah ada. Hanya saja perlunya dikembangkan lebih edukatif dan menarik agar siswa mau mengikuti kegiatan pramuka dengan fun yang sebenarnya asyik namun di dalamnya ada nilai-nilai yang bermakna, tak terkecuali yang sangat di pentingkan dan diutamakan adalah sikap cinta tanah air, dampak yang dapat diterima individu atau siswa jika mereka ataupun kita sudah cinta dengan negaranya sendiri ialah akan terus berpemikiran maju, ingin berkembang, ingin menjaga keutuhan dan tidak membeda-bedakan SARA. Hal tersebut membuat tali silaturahmi menjadi kunci persatuan.


NAMA : GHEA AGATRI MAWARNI
NIM : 2227160080
KELAS : 3C/PGSD 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menumbuhkan Sikap Disiplin Melalui Pendidikan Kepramukaan

Membentuk Sikap Kejujuran Melalui Kegiatan Pramuka

Menerapkan sikap solidaritas dalam kegiatan pramuka